KATA PENGANTAR
Segala
puji dan syukur kita panjatkan kepada Tuhan yang Maha Esa yang telah memberikan
kesempatan pada kita hingga pada saat ini. Diantara sekian banyak nikmat yang
membawa kita dari kegelapan ke dimensi terang yang memberi hikmah dan yang
paling bermanfaat bagi seluruh umat manusia, sehingga oleh karenanya saya dapat
menyelesaikan tugas kewirausahaan ini dengan baik. Adapun maksud dan tujuan
dari penyusunan proposal ini adalah untuk memenuhi salah satu tugas yang
diberikan oleh dosen pada mata kuliah
kewirausahaan.
Dalam proses penyusunan tugas ini saya menjumpai hambatan, namun berkat dukungan materil dari berbagai pihak, akhirnya saya dapat menyelesaikan tugas ini dengan cukup baik, oleh karena itu melalui kesempatan ini saya menyampaikan terimakasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada semua pihak terkait yang telah membantu menyelesaikan tugas ini.
Dalam proses penyusunan tugas ini saya menjumpai hambatan, namun berkat dukungan materil dari berbagai pihak, akhirnya saya dapat menyelesaikan tugas ini dengan cukup baik, oleh karena itu melalui kesempatan ini saya menyampaikan terimakasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada semua pihak terkait yang telah membantu menyelesaikan tugas ini.
Meski begitu tentu tugas ini masih
jauh dari kesempurnaan, oleh karena itu segala saran dan kritik yang membangun
dari semua pihak sangat saya harapkan demi perbaikan pada tugas selanjutnya.
Harapan saya semoga tugas ini bermanfaat khususnya bagi saya dan bagi pembaca
lain pada umumnya.
Medan, Januari 2016
( )
Nurhasanah
Daulay
DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR................................................................................... 1
DAFTAR ISI.............................................................................................. 2-3
BAB I PENDAHULUAN............................................................................ 4
DAFTAR ISI.............................................................................................. 2-3
BAB I PENDAHULUAN............................................................................ 4
A.Latar Belakang........................................................................................... 4
A.1.Visi Usaha............................................................................................... 5
A.2.Misi Usaha .............................................................................................. 6
A.3.Tujuan Usaha........................................................................................... 7
B.Profil Usaha................................................................................................ 7
1.Nama Usaha ............................................................................................... 7
2.Nama Pemilik ............................................................................................. 7
3.Alamat Tempat/Lokasi Usaha..................................................................... 7
BAB II PRODUK USAHA......................................................................... 9
A.Jenis Produk Usaha ................................................................................. 10
B.Gambaran dari Produk Usaha................................................................... 10
A.1.Visi Usaha............................................................................................... 5
A.2.Misi Usaha .............................................................................................. 6
A.3.Tujuan Usaha........................................................................................... 7
B.Profil Usaha................................................................................................ 7
1.Nama Usaha ............................................................................................... 7
2.Nama Pemilik ............................................................................................. 7
3.Alamat Tempat/Lokasi Usaha..................................................................... 7
BAB II PRODUK USAHA......................................................................... 9
A.Jenis Produk Usaha ................................................................................. 10
B.Gambaran dari Produk Usaha................................................................... 10
1. Anting............................................................................................... 10
2. Gelang.............................................................................................. 11
3. Kalung.............................................................................................. 12
4. Bross................................................................................................. 13
5. Cincin............................................................................................... 14
6. Jepit Rambut..................................................................................... 15
7. Bando............................................................................................... 16
8. Slayer................................................................................................ 17
9. Ikat Pinggang................................................................................... 18
10. Dompet............................................................................................. 19
11. Sisir................................................................................................... 20
12. Kaca Rias.......................................................................................... 21
BAB
III PEMASARAN USAHA............................................................. 22
A.Strategi Pemasaran .................................................................................. 22
B.Analisis SWOT.................................................................................... 22-23
C.Struktur Organisasi................................................................................... 24
BAB IV PERHITUNGAN KEUNTUNGAN......................................... 25
1.Modal ....................................................................................................... 25
2.Modal Perlengkapan ................................................................................. 26
3.Keuntungan Perbulan................................................................................ 27
4.Total keseluruhan....................................................................................... 28
B.Perhitungan Keuntungan.......................................................................... 29
BAB V PENUTUP..................................................................................... 30
B.Kesimpulan............................................................................................... 30
B.Saran......................................................................................................... 30
DAFTAR PUSTAKA................................................................................ 31
A.Strategi Pemasaran .................................................................................. 22
B.Analisis SWOT.................................................................................... 22-23
C.Struktur Organisasi................................................................................... 24
BAB IV PERHITUNGAN KEUNTUNGAN......................................... 25
1.Modal ....................................................................................................... 25
2.Modal Perlengkapan ................................................................................. 26
3.Keuntungan Perbulan................................................................................ 27
4.Total keseluruhan....................................................................................... 28
B.Perhitungan Keuntungan.......................................................................... 29
BAB V PENUTUP..................................................................................... 30
B.Kesimpulan............................................................................................... 30
B.Saran......................................................................................................... 30
DAFTAR PUSTAKA................................................................................ 31
BAB I
PENDAHULUAN
PENDAHULUAN
A.Latar Belakang
Adanya banyak peluang yang tersedia untuk membuka
suatu usaha atau suatu bisnis baru, memunculkan suatu gagasan, keyakinan dan
niat untuk merintis suatu usaha baru untuk ditekuni. Hal ini disebabkan karena
tersedianya peluang yang masih terbuka luas, adanya bahan – bahan yang mudah
didapatkan, mudah dalam pengerjaannya serta harga yang relatif terjangkau.
Peluang untuk merintis usaha baru yang masih terbuka
lebar terutama suatu usaha dalam hal pernak – pernik perempuan seperti
aksesoris, membulatkan tekad untuk mulai merintis toko aksesoris tersebut.
Aksesoris merupakan suatu pernak – pernik atau hiasan
yang biasanya sering dipakai oleh seorang perempuan dengan tujuan untuk
mempercantik dirinya atau agar terlihat lebih menarik. Oleh karena itu banyak
sekali perempuan yang tertarik dan berminat untuk mengkoleksi aksesoris –
aksesoris yang lucu, unik dan model yang bagus.
Ada berbagai macam aksesoris – aksesoris yang sering
digunakan, seperti anting, gelang, kalung, bros, jepit rambut, dan masih banyak
lagi yang lainnya.
Oleh karena aksesoris banyak diminati, disukai dan
digemari banyak orang, merintis usaha baru dengan membuka toko aksesoris
merupakan suatu pilihan usaha yang diharapkan dapat mendatangkan keuntungan
yang cukup lumayan bagi pemiliknya. Hal ini dikarenakan, aksesoris banyak
diminati oleh sebagian besar perempuan sehingga permintaan akan barang
aksesoris tersebut juga banyak. Sedangkan yang membuka usaha aksesoris tersebut
kurang begitu banyak.
Berdasarkan adanya faktor – faktor seperti adanya
peluang, tersedianya bahan – bahan, dan banyak diminati, maka merintis suatu
usaha baru dengan membuka toko aksesoris merupakan suatu pilihan usaha yang
cukup tepat. Dengan memproduksi barang yang unik, lucu dan model yang bagus
serta harga yang relatif terjangkau, maka akan dapat menarik minat banyak orang
untuk membeli.
Selain itu, dengan membuka usaha ini peluang
kesempatan kerja pun ada dan itu akan mengurangi jumlah pengangguran yang
semakin banyak. Kita juga dapat memanfaatkan bahan-bahan yang ada untuk
menciptakan kreativitas dalam memproduksi barang. Dan satu hal lagi kita juga dapat meningkatkan
kemampuan dalam berwirausaha.
A.1.Visi Usaha
Visi
adalah suatu pandangan jauh tentang perusahaan, tujuan - tujuan perusahaan dan
apa yang harus dilakukan untuk mencapai tujuan tersebut pada masa yang akan
datang. Visi itu tidak dapat dituliskan secara lebih jelas menerangkan detail
gambaran sistem yang ditujunya, dikarenakan perubahan ilmu serta situasi yang
sulit diprediksi selama masa yang panjang tersebut.
Visi dari usaha ini adalah :
a. Menjadikan sebuah jenis usaha
aksesoris yang maju dan kreatif dalam mengeluarkan setiap desain dan barangnya.
b. Berusaha memberikan yang terbaik
dalam usaha urusan fashion aksesoris untuk memuaskan konsumen.
c. Menyediakan kwalitas barang/produk
yang unggulan dan bersaing dengan mutu terbaik.
d. Menjadikan sebuah usaha aksesoris yang
terkenal didalam dan diluar daerah.
A.2.Misi Usaha
Misi
adalah pernyataan tentang apa yang harus dikerjakan oleh lembaga dalam usahanya
mewujudkan Visi.
Menjual produk berkualitas dan
bermutu tinggi dengan harga yang cocok untuk kalangan anak muda dan melalui
pengolahan yang profesional demi kepuasan pelanggan.sehingga banyak konsumen
yang minat.
a. Pantang menyerah demi kemajuan dan
kepuasan konsumen.
b. Menjalin kerja sama dengan pemasok dan
penyalur yang saling menguntungkan.
c. Mengelola usaha aksesoris sesuai
dengan bisnis yang sehat.
A.3.Tujuan Usaha
Tujuan perusahaan
penting karena menjadi petunjuk/arahan bagi pengembangan jangka pendek dan
jangka panjang perusahaan.
a. Berperan
aktif dalam bidang bisnis dan kewirausahaan
b. Mencari
keuntungan/Laba.
c. Mencapai
target penjualan.
d. Menciptakan
anak muda yang handal dalam berbisnis.
e. Memenuhi kepuasan konsumen.
B.Profil Usaha
1. Nama Usaha : Beauty Aksesoris
Bidang Usaha : Aksesoris
2.
PEMILIK
Nama : NURHASANAH DAULAY
No.
Telp/Hp. : 085277681296
KASIR/KEUANGAN
Nama : NONI
PUTRI SIHOMBING
No.
Telp/Hp. : 08526892907
PELAYAN TOKO
Nama : SUCI GEA
MISYANA
3. Alamat/Lokasi Usaha : Jl. Gatot Subroto
No tlpn/HP
: 085277681296
Email :Inoerdaulay@gmail.com
BAB II
PRODUK USAHA
A.Jenis Produk
No.
|
Nama
Produk
|
Jumlah
|
Harga
Satuan
|
Harga
Total
|
1
|
Anting
|
100
Buah
|
Rp.20.000/Buah
|
Rp.2.000.000
|
2
|
Gelang
|
100
Buah
|
Rp.15.000/Buah
|
Rp.1.500.000
|
3
|
Kalung
|
80
Buah
|
Rp.35.000/Buah
|
Rp.2.800.000
|
4
|
Bross
|
75
Buah
|
Rp.10.000/Buah
|
Rp.750.000
|
5
|
Cincin
|
40
Buah
|
Rp.20.000/Buah
|
Rp.1.200.000
|
6
|
Jepit
Rambut
|
65
Buah
|
Rp.30.000/Buah
|
Rp.1.300.000
|
7
|
Bando
|
60
Buah
|
Rp.15.000/Buah
|
Rp.900.000
|
8
|
Slayer
|
50
Buah
|
Rp.15.000/Buah
|
Rp.750.000
|
9
|
Ikat
Pinggang
|
40
Buah
|
Rp.20.000/Buah
|
Rp.800.000
|
10
|
Dompet
|
40
Buah
|
Rp.35.000/Buah
|
Rp.1.400.000
|
11
|
Sisir
|
100
Buah
|
Rp.10.000/Buah
|
Rp.1.000.000
|
12
|
Kaca
Rias
|
50
Buah
|
Rp.20.000/Buah
|
Rp.1.000.000
|
TOTAL
|
Rp.15.400.000
|
BAB III
PEMASARAN USAHA
A.Strategi Pemasaran
·
Masyarakat Online
·
Pesan Online
·
Website Internet
B.ANALISIS SWOT
Analisis SWOT merupakan
salah satu untuk menggambarkan kondisi dan mengevaluasi suatu masalah juga
merupakan cara yang terbaik untuk melaksanakan sebuah strategi, menolong apa
saja yang dapat dicapai serta apa saja yang perlu diperhatikan. Proyek atau
konsep bisnis yang berdasarkan faktor internal dan faktor eksternal yaitu
Strength, Weakness, Oppurtunity, dan Threats. Metode ini paling sering
digunakan dalam metode evaluasi bisnis untuk mencari strategi yang akan
dilakukan. Analisis SWOT hanya menggambarkan situasi yang terjadi bukan sebagai
pemecah masalah.
1.
Strength (Kekuatan)
Strength merupakan kondisi kekuatan yang terdapat dalam organisasi,
proyek atau konsep bisnis yang ada. Kekuatan yang dianalisis merupakan faktor
yang terdapat dalam tubuh organisasi, proyek atau bisnis itu sendiri.
Strength (kekuatan) dari bisnis ini, yaitu :
a.
Letak lokasi strategis
b.
Kualitas produk terjamin
baik dan harga terjangkau
c.
Respon pelanggan positif
2.
Weakness (Kelemahan)
Weakness merupakan kondisi kelemahan yang terdapat dalam organisasi,
proyek atau konsep bisnis yang ada. Kelemahan yang dianalisis merupakan faktor
yang terdapat dalam tubuh organisasi, proyek atau bisnis itu sendiri.
Weakness (kelemahan) dari bisnis ini, yaitu :
a.
Persediaan barang terlalu banyak
sehingga beberapa jenis barang ada yang kadang kurang laku.
3.
Oppurtunity (Kesempatan)
Oppurtunity merupakan kondisi peluang yang berkembang dimasa yang akan
datang yang terjadi. Kondisi yang terjadi merupakan peluang dari luar
organisasi, proyek, atau bisnis itu sendiri.
Oppurtunity (Kesempatan) dari bisnis ini, yaitu :
a.
Dapat dengan mudah memasuki
target pasar
b.
Dapat meningkatkan kualitas
dan jumlah produk
4.
Threats (Ancaman)
Threats merupakan ancaman dari luar. Ancaman ini dapat mengganggu
organisasi, proyek, atau bisnis itu sendiri.
Threaths (Ancaman) dari bisnis ini, yaitu :
a.
Munculnya usaha yang sama
b.
Harga produk yang pasti akan
naik
C.Struktur Organisasi
Total
Keseluruhan Modal : Rp.15.400.000
Biaya
Lainnya : Rp. 4.200.000
C.Struktur Organisasi
1.Pemilik
a.
Menyusun rencana, mengarahkan,
dan menegndalikan usahanya.
b.
Mendorong dan memotivasi
anggota agar dapat bekerja dengan tekun dan dapat memikul tanggung jawab atas
pekerjaanya.
c.
Memantau jalannya usaha dan
menerima laporan setiap bulannya,
2.
Kasir/Keuangan
Mengurus keuangan dan membuat
laporan keuangan setiap bulannya.
3. Pelayan
Toko
Melayani setiap pelanggan yang
membeli.
BAB IV
PERHITUNGAN KEUNTUNGAN
1.Modal
No.
|
Nama
Produk
|
Jumlah
|
Harga
Satuan
|
Harga
Total
|
1
|
Anting
|
100
Buah
|
Rp.20.000/Buah
|
Rp.2.000.000
|
2
|
Gelang
|
100
Buah
|
Rp.15.000/Buah
|
Rp.1.500.000
|
3
|
Kalung
|
80
Buah
|
Rp.35.000/Buah
|
Rp.2.800.000
|
4
|
Bross
|
75
Buah
|
Rp.10.000/Buah
|
Rp.750.000
|
5
|
Cincin
|
40
Buah
|
Rp.20.000/Buah
|
Rp.1.200.000
|
6
|
Jepit
Rambut
|
65
Buah
|
Rp.30.000/Buah
|
Rp.1.300.000
|
7
|
Bando
|
60
Buah
|
Rp.15.000/Buah
|
Rp.900.000
|
8
|
Slayer
|
50
Buah
|
Rp.15.000/Buah
|
Rp.750.000
|
9
|
Ikat
Pinggang
|
40
Buah
|
Rp.20.000/Buah
|
Rp.800.000
|
10
|
Dompet
|
40
Buah
|
Rp.35.000/Buah
|
Rp.1.400.000
|
11
|
Sisir
|
100
Buah
|
Rp.10.000/Buah
|
Rp.1.000.000
|
12
|
Kaca
Rias
|
50
Buah
|
Rp.20.000/Buah
|
Rp.1.000.000
|
TOTAL
|
Rp.15.400.000
|
2.Modal
Perlengkapan
No.
|
Nama Barang
|
Jumlah
|
Harga
|
1
|
Sewa Bangunan Toko
|
2 Lantai
|
Rp.70.000.000
|
2
|
Mesin Kasir
|
1 Buah
|
Rp.5.000.000
|
3
|
Meja & Kursi
|
1 Set meja dan kursi kantor & 1 set meja dan Kursi customer
|
Rp.4.000.000
|
4
|
Lemari
|
2
|
Rp.1.000.000
|
5
|
Etalase
|
2
|
Rp.8.000.000
|
6
|
Rak
|
2
|
Rp.1.000.000
|
TOTAL
|
Rp.89.000.000
|
3. Keuntungan Setiap bulan
No.
|
Nama
Produk
|
Yang
terjual/Bulan
|
Harga Jual
|
Total
Penjualan
|
1
|
Anting
|
70
Buah
|
Rp.30.000/Buah
|
Rp.2.100.000
|
2
|
Gelang
|
85
Buah
|
Rp.25.000/Buah
|
Rp. 2.125.000
|
3
|
Kalung
|
65
Buah
|
Rp.50.000/Buah
|
Rp.3.250.000
|
4
|
Bross
|
60
Buah
|
Rp.20.000/Buah
|
Rp.1.200.000
|
5
|
Cincin
|
40
Buah
|
Rp.45.000/Buah
|
Rp.1.800.000
|
6
|
Jepit
Rambut
|
50
Buah
|
Rp.20.000/Buah
|
Rp.1.000.000
|
7
|
Bando
|
45
Buah
|
Rp.20.000/Buah
|
Rp.900.000
|
8
|
Slayer
|
40
Buah
|
Rp.25.000/Buah
|
Rp.1.000.000
|
9
|
Ikat
Pinggang
|
35
Buah
|
Rp.30.000/Buah
|
Rp.1.050.00
|
10
|
Dompet
|
30
Buah
|
Rp.55.000/Buah
|
Rp.1.650.000
|
11
|
Sisir
|
80
Buah
|
Rp.15.000/Buah
|
Rp.1.200.000
|
12
|
Kaca
Rias
|
40
Buah
|
Rp.35.000/Buah
|
Rp.1.400.000
|
TOTAL
|
Rp.18.675.000
|
3.Biaya Lainnya
·
Gaji karyawan : Rp.1.200.000/Orang
·
Listrik : Rp.1.000.000/Bulan
·
Transportasi : Rp.1.000.000/Bulan
·
Administrasi :Rp.500.000/Bulan
·
Pajak : Rp.500.000/Bulan

Rp.4.200.000,-

Modal Perlengkapan : Rp.89.000.000

Total : Rp.108.600.000,-
Total Modal :
Rp.108.600.000,-
Modal yang digunakan 50%
dari modal sendiri dan 50% modal
pinjaman dari bank .
50% dari modal sendiri
(Rp.108.600.000x50%)=Rp.54.300.000,-
50% pinjaman dari bank
(Rp.108.600.000x50%)=Rp.54.300.000,-
B.PERHITUNGANKEUNTUNGAN
Harga jual keseluruhan dalam sebulan Rp18.675.000, maka:
Penjualan produk selama sebulan :Rp18.675.000
DP gedung :Rp70.000.000
Beban selama sebulan :Rp 4.200.000
Rp 92.875.000
Harga jual keseluruhan dalam sebulan Rp18.675.000, maka:
Penjualan produk selama sebulan :Rp18.675.000
DP gedung :Rp70.000.000
Beban selama sebulan :Rp 4.200.000
Rp 92.875.000
Perhitungan Bayar Utang Ke BANK :
Ø (untuk
satu bulan-bunga2%(Rp27.150.000)
Laba= Rp 92.875.000- Rp 27.150.000= Rp65.725.000,-
Laba= Rp 92.875.000- Rp 27.150.000= Rp65.725.000,-
Ø Laba
untuk satu bulan pertama kecil dikarenakan adanya pembayaran utang ke Bank dan DP
sewa gedung.
Ø Pembayaran
hutang dibayarkan selama 3 bulan.
BAB V
PENUTUP
B. Kesimpulan
- Merintis usaha baru dengan membuka toko aksesoris merupakan suatu usaha yang memiliki peluang yang masih terbuka luas, hal ini dikarenakan belum ada pesaing dalam penjualan aksesoris.
- Aksesoris yang dijual itu ada aksesoris utama dan aksesoris pendukung. Aksesoris utama itu seperti anting, gelang, kalung, dan bros. sedangkan aksesoris pendukung itu seperti bando, jepit rambut, slayer dan yang lainnya.
- Aksesoris yang di jual itu merupakan aksesoris yang lucu, unik dan memiliki model yang bagus. Selain itu, harga aksesoris tersebut juga relatif terjangkau.
B.
Saran
Semoga
Proposal ini dapat memberi motivasi bagi wirausahawan baru untuk mendirikan
yang kreatif yang dapat membuat masa depan lebih bagus. Jangan mudah menyerah
dalam setiap usaha, karena usaha yang baik akan membuahkan hasil yang baik.
Belajarlah dai kegagalan karena dari situlah awal kesuksesan.
DAFTAR PUSTAKA
1.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar